Tuesday 27 February 2018

CARA MEMBUAT KOTAK KADO DARI KARTON BOARD

Melihat kotak kado, kotak souvenir atau hantaran pernikahan pasti dibenak kalian terlihat bagus bahkan mewah apalagi kita lihat di gramedia pasti harganya tidak murah. Dari pada kita membeli kotak kado / kotak souvenir atau untuk hantaran pernikahan mending kita membuat sendiri saja bisa jadi peluang bisnis juga, benar kan.????????

Oke langsung saja deh apa yang harus dipersiapkan :

Pertama kita hunting karton board dan kertas fancy, Karton board berfungsi untuk dasar kotak atau pondasi kotak (bahan utama kotak) Kertas fancy berfungsi untuk finishing supaya lebih elegan,terdapat banyak sekali jenis kertas fancy dari yang biasa sampai yang premium,untuk premium biasanya kertas memiliki tekstur ,untuk pemula sebagai bahan percobaan gunakan kertas kado biasa saja yang lebih murah.

Peralatan yang harus ada :

  • Penggaris
  • Pulpen 
  • Lem kayu / lem fox
  • Lem korea / alteko 
  • Koas kcil (untuk keperluan lem kayu)
  • Cuter 

 Proses pembuatan :

Ukur karton board sesuai kebutuhan contohnya.
  
Untuk mendapatkan karton board biasanya tersedia di tempat ATK atau digital printing soal harga bervariatif beda beda disetiap toko kisaran harga di 7000 ukuran A3, kalau pola sudah terbentuk lalu mulai proses pemotongan memakai cuter dan penggaris,ingat untuk membentuk pola ada cara pemotongan yang tidak boleh sampai terpotong jadi cukup sekali jalan memotong dengan cuter kalau lebih dari sekali biasanya karton akan terbelah,fungsinya agar karton bisa ditekuk dan tidak terbelah agar karton menjadi sebuah kotak setiap pojok di buang bisa menggunakan gunting atau cuter (yang di tanda X pada gambar), rekatkan sisi kotak dengan lem korea atau alteko sampai sini karton sudah berbentuk kotak, dasar ataupun tutup
Selanjutnya untuk finishing tutup dengan kertas fancy atau kertas kado biasa, 
contoh pemasangan dan pemotongan kertas.

Penjelasannya adalah karton yang sudah terbentuk kotak pada dasar kotak kita oles dengan kayu / lem fox dengan menggunakan koas kecil sampai rata tapi jangan terlalu banyak lem, kenapa tidak boleh terlalu banyak.? Karena akan membuat kertas fancy / kertas kado mengkerut (tidak rapih) karena terlalu banyak lem.
Selanjutnya kalau sudah di oles lem dengan merata tempelkan kertas untuk hasil yang memuaskan rapih di gosok pakai kain,fungsinya agar tidak ada kerutan atau gelembung yang terjebak di dalam. Bagian dasar sudah rapih sekarang tinggal bagian samping, 
Lihat pola gambar di atas gunting nyerong di setiap sudut kertas,ikuti seperti garis yang sudah saya buat,terdapat 4 sisi saya bikin pola yang berda 2 sisi di gunting lurus dan 2 sisi di gunting runcing, jadi system lipatnya yang dilipat sisi runcing terlbih dahulu,kenapa harus runcing.? 
Mencegah bagian sudut tidak tertutup (kalau di gunting lurus semua) kalau yang bagian runcing sudah terlipat dan jangan lupa di lem kayu terlebih dahulu caranya sama seperti bagian dasar,lalu bagian yang lurus lipat,sambungan ini tidak terlihat.kenapa kok bias.? Karena disetiap suduk kotak terdapat legokan hasil melipat karton. Dan hasilnya seperti ini…..



No comments:

Post a Comment

SUZUKI NEW CARRY (Rajanya Berbagai Bisnis)

Pilih rajanya, utung pasti.... New Carry adalah kendaraan niaga dari Suzuki dengan berbagai macam bentuk atau tipe kendaraan ini bisa me...